Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Sampah dan Barang Bekas

Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Sampah dan Barang Bekas

Secara sederhana sampah adalah barang yang sudah terbuang. Barang terbuang atau barang yang tidak digunakan lagi, tidak otomatis demikian bagi orang lain. Sampah bisa saja memiliki fungsi dan nilai guna untuk orang lain. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari sampah, mulai dari sederhana sampai yang melibatkan teknologi tinggi.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari sampah yang sudah terbukti sukses :

  1. Menjual ke pengepul barang bekas

Menjual barang bekas yang layak pakai atau tidak layak menjadi cara paling tradisional untuk menghasilkan uang. Menjual botol minuman, pakaian bekas, kartos, kardus merupakan beberapa contohnnya. Barang bekas seperti besi pun bisa dijual pada penampung.

Jika kamu sering berlangganan koran atau majalah, bisa disimpan terlebih dahulu. Kemudian bisa dijual secara kiloan kepada penampung, walaupun mungkin uangnya tidak terlalu besar, tapi bukankah baik jika menghasilkan uang dari sampah dibandingkan membuangnya saja.

  1. Membuat pupuk

Membuat pupuk organik dari sampah pun menjadi cara menghasilkan uang dari sampah, terutama sampah organik. Sampah organik dibusukkan dan diproses sehingga bisa membantu menyuburkan tanaman.

  1. Membuat produk daur ulang

Cara menghasilkan sampah lainnya ialah dengan menciptakan produk daur ulang untuk menjualnya ke pasar. Di Indonesia sendiri ada berbagai cara untuk menciptakan produk daur ulang, seperti membuatnya menjadi vas bunga dari botol plastik salah satunya. Terlebih sampah plastik merupakan salah satu sumber pencemaran di Indonesia.

  1. Menyumbangkan barang bekas

Kamu bisa menyumbangkan barang bekas ke berbagai penampung barang bekas jika ingin beramal. Cara lainnya, kamu bisa mengumpulkan sampah rumah tangga sampai jumlah tertentu dan kemudian dijual. Hasil penjualannya bisa disumbangkan ke berbagai organisasi sosial.

Demikian berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari sampah yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Semuanya tergantung kepada kita ingin memilih yang mana. Yang paling penting ialah bahwa menghasilkan uang dari sampah bisa memberikan penghasilan tambahan, mengurangi masalah pada lingkungan, dan mengelola sampah yang baik pun bisa mengatasi pencemaran lingkungan sekitar.