3 Alasan Kenapa Sampah Harus Dipisahkan

Saat ini jenis sampah memang sangat banyak sekali. Tentu banyaknya sampah ini juga karena memang ada sampah yang memang berasal dari alamĀ  langsung ada juga yang berasal dari buatan manusia itu sendiri.

Misalnya di Indonesia ada 3 jenis sampah yang sangat populer yang sudah diajarkan kepada kita sejak kecil yaitu ada jenis sampah organik, nonorganik, dan juga B3.

Sampah organik merupakan sampah alami yang memang berasal dari alam misalnya seperti daun kering yang jatuh dari pohon, buah busuk, bekas sampah sayuran dll.

Sedangkan untuk sampah anorganik misalnya seperti bekas kemasan sabun atau shampo, bekas kemasan makanan ringan, botol minum plastik, dll. Sampah B3 misalnya seperti bekas kaleng cat, bekas kaleng oli, dll.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sampah harus dipisahkan :

  1. Mempermudah daur ulang

Nah alasan paling utama kenapa sampah harus dipilah sesuai jenisnya adalah untuk mempermudah yang namanya daur ulang sampah.

Ketika sampah dipisah, maka kualitas sampah masih bisa terjaga dengan baik. Berbeda ketika sampah sudah dicampur dengan jenis sampah lainnya maka yang terjadi adalah kualitas sampah menurun bahkan sudah tidak didaur ulang kembali.

  1. Mengurangi tumpukan sampah di laut

Coba deh kita tebak dimanakah sampah akan berakhir ? Yap jawabannya pasti adalah TPA. Tapi nyatanya tidak semua sampah berakhir di TPA.

Ada juga sampah yang berakhir ke lautan. Maka dari itu sangat penting untuk memisahkan sampah supaya sampah bisa didaur ulang dengan baik dan tidak sampai terbuang ke lautan.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Kita tau bahwa sampah yang paling berbahaya itu adalah sampah B3. Ciri khas sampah ini adalah mudah terbakar, mudah meledak, beracun, dll.

Nah bagaimana jadinya jika sampah B3 dicampur dengan sampai biasa lainnya? Jelas sudah pasti sampah pun menjadi tidak bisa didaur ulang dan harus segera dimusnahkan sampah tersebut.

Itulah ketiga alasan kenapa sampah sebaiknya dibuang sesuai dengan jenis nya agar bisa segera didaur ulang dan tidak berakhir mencemari lingkungan.